Visitors


Pemakaian Huruf Miring

 

Selain pemakaian huruf kapital, pemakaian huruf miring juga penting untuk dicermati di dalam penulisan karya ilmiah atau tulisan akademis (academic writing) karena semua tulisan yang masuk dalam ranah karya ilmiah membutuhkan referensi pendukung baik berupa teori-teori atau penelitian-penelitian sejenis yang telah dilakukan sebelumnya. Sama seperti pemakaian huruf kapital, kaidah pemakaian huruf miring pun telah diatur di dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Kapan huruf miring sebaiknya digunakan? Mari kita cermati ulasan berikut!

 

  1. Huruf miring dipakai untuk menuliskan judul buku, nama jurnal, nama majalah, dan nama surat kabar yang dikutip di dalam tulisan dan daftar pustaka.

 

Contoh:

  1. Doni baru saja membeli buku Pengenalan Komputer karangan Jogiyanto Hartono di Gramedia.n
  2. Majalah Chip dapat menjadi sumber informasi tentang jenis-jenis komputer terbaru.
  3. Surat kabar Jambi Independent memberitakan acara wisuda para sarjana STMIK dan STISIP Nurdin Hamzah.
  4. Moleong, Lexy J.2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya.

 

  1. Huruf miring dipakai untuk menegaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, kata, atau kelompok kata dalam kalimat.

 

Contoh:

 

  1. Huruf e pada kata praktek seharusnya diubah menjadi i sehingga menjadi kata baku praktik.
  2. Mahasiswa IPB meraih juara kedua dalam kompetisi Inovasi Teknologi Pangan Dunia melalui inovasi P-Noodl, yaitu inovasi mie berprotein tinggi dengan pengganti kacang tanah.
  3. Mahasiswa yang akan melaksanakan sidang skripsi diwajibkan mempersiapkan presentasi mereka dalam format berbasis XML untuk PowerPoint.
  4. Pak Sunandar menugaskan para mahasiswanya untuk membuat aplikasi web sederhana.

 

  1. Huruf miring dipakai untuk menuliskan kata atau ungkapan dalam bahasa daerah atau bahasa asing, kecuali untuk penulisan nama diri dan naskah tulisan tangan atau mesin tik.

 

Contoh:

  1. Menumbai Sialang merupakan kegiatan mengambil madu di pohon Sialang yang sangat tinggi yang dilakukan oleh suku Anak Dalam pada malam hari ketika bulan gelap.
  2. Dalam dunia teknologi internet, cookies didefinisikan sebagai bagian kecil data yang dikirimkan oleh sebuah laman ke sebuah komputerketika pemakainya  sedang melakukan penjelajahan (browsing).
  3. Mens sana in corpore sano merupakan ungkapan latin yang digunakan sebagai jargon olah raga dengan makna di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.   
  4. Ecotectmerupakan perangkat lunak analisis bangunan yang paling inovatif saat ini.

 

Sumber: Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

 

(Penulis: Ilsa Dewita Putri Soraya, S,S., M.A.)

copyright © 2017 PPTI STMIK NH. All Rights Reserved.